“Soehat Membaca Kualitas Pendidikan dari Kacamata Studi Inspirasi”

Oleh : Tim Media Soehat
KOTABUMI – Rabu, 24 Januari 2024, Pak Umar Syarif Hidayatullah, S.Pd (selaku Kepala SD Muhammadiyah Soekarno Hatta) ikut serta bersama rombongan perwakilan SD Muhammadiyah dan Aisyiyah se-provinsi Lampung dalam kegiatan studi inspirasi menuju Kota Jakarta dan Bandung. Sebelum menuju lokasi studi inspirasi, rombongan perwakilan ini mendatangi kantor Pusat Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta serta menghadiri kegiatan Silaturrahiim dan Audiensi Forum Kepala Sekolah Muhammadiyah Provinsi Lampung dengan Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Setelah kegiatannya selesai, rombongan menuju ke SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Kedatangan rombongan sangat disambut dengan baik dan penuh keakraban oleh seluruh anggota sekolah. Kepala SD Muhammadiyah 5 Jakarta (Ali Syakir, S.H.I., SE.Sy., S.Pd., M.H.) dalam sambutannya mengatakan bahwa Studi Inspirasi adalah kegiatan yang sangat bagus untuk sekolah-sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah agar terus maju menjadi sekolah yang mencerdaskan.
Selanjutnya rombongan bertolak ke Bandung menuju SD Muhammadiyah 7 Antapani Bandung. Kepala SD Muhammadiyah 7 Antapani Bandung (Iwan Kurniawan, M.Ag.) ketika diskusi menyampaikan bahwa Kunci menjadi sekolah yang unggul adalah dengan mengetahui kekurangan.
Pada kesempatan kunjungan ke 2 tempat Studi Inspirasi ini, SD Muhammadiyah Soekarno Hatta Kotabumi (dalam hal ini diwakili oleh Umar Syarif Hidayatullah, S.Pd selaku kepala sekolah) berhasil menjalin kerja sama, serta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan SD Muhammadiyah 5 Jakarta dan SD Muhammadiyah 7 Antapani Bandung (dalam hal ini diwakili oleh kepala sekolah masing-masing).
“Kegiatan Studi Inspirasi ini sangat bagus untuk pembangunan dalam ranah dunia pendidikan Muhammadiyah pada umumnya dan peningkatan kualitas pendidikan pada sekolah-sekolah Muhammadiyah yang mengikuti kegiatan ini pada khususnya. Banyak pembelajaran baik yang dapat diambil dari kegiatan ini untuk dapat diterapkan di sekolah.
Kunjungan studi inspirasi yang berlangsung sampai Hari Sabtu, 27 Januari 2024 ke Jakarta dan Bandung ini, diharapkan dapat selalu menguatkan silaturrahim, memberikan manfaat dan motivasi yang baik untuk perwakilan SD Muhammadiyah dan Aisyiyah se-provinsi Lampung serta SD Muhammadiyah yang dikunjungi.