Bermain Sebelum Makan Siang Bikin Anak Banyak Makan Sayur

1017586shutterstock-136044737780x390KOMPAS.sch.id – Anak-anak seringkali sulit makan sayuran dan buah-buahan. Padahal, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang menyehatkan.

Bagaimana cara agar anak-anak mau lebih banyak makan sayur dan buah-buahan? Peneliti di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa waktu istirahat dapat memengaruhi tingkat konsumsi sayuran dan buah-buahan pada anak di sekolah.

Berdasarkan penelitian mereka, anak-anak yang diberikan waktu bermain sebelum istirahat makan siang akan makan dua kali lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Sedangkan anak-anak yang makan siang terlebih dahulu akan teburu-buru menghabiskan makan siang agar bisa segera pergi bermain.

Penelitian ini melibatkan tujuh sekolah di Orem, Utah pada siswa kelas 1 hingga 6 yang berusia antara 6-12 tahun. Dalam penelitian ini, tiga sekolah memberikan waktu istirahat sebelum makanan siang dan empat sekolah setelah makan siang selama 13 hari.

Hasilnya, 54 persen anak-anak lebih banyak makan buah-buahan dan sayuran jika sebelum makan siang diberikan waktu bermain. Sebanyak 45 persen anak-anak pun porsi makannya bertambah.

“Kami menemukan bahwa jika waktu bermain dilakukan sebelum makan siang, para siswa akan makan siang dengan selera yang kuat dan lebih mungkin menghabiskan buah-buahan dan sayuran pada menu makanan mereka,” ujar penulis studi David Just, dari Cornell University seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Peneliti mengukur berapa banyaknya buah-buahan dan sayuran yang terbuang. Peneliti berdiri di samping tempat sampah di masing-masing sekolah dan mencatat jumlah porsi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap siswa maupun yang dibuang.

Anak-anak yang makan siang terlebih dahulu kemudian pergi bermain akan mudah merasa lapar. Saat masuk kelas, mereka pun menjadi sulit berkonsentrasi karena lapar. Akibatnya, anak-anak juga akan banyak makan cemilan sepulang sekolah.

“Banyaknya konsumsi buah dan sayuran pada anak-anak memiliki efek kesehatan jangka panjang yang positif,” kata peneliti.

Banyak makan buah dan sayuran juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Tak hanya baik untuk kesehatan, anak-anak yang banyak makan buah dan sayur akan lebih unggul nilai akademiknya di sekolah dibanding yang tidak makan sayur dan buah. Hal ini berdasarkan studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of School Health.

Lebih dari itu, menghabiskan sayur dan buah juga membantu penurunan limbah makanan. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Preventive Medicine.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2015/01/21/093618623/Bermain.Sebelum.Makan.Siang.Bikin.Anak.Banyak.Makan.Sayur